Artikel Makalah, Kumpulan Makalah

Pepaya Sebagai Obat Tradisional

BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Penulisan
Yang melatar belakangi saya menulis sebuah karya tulis sederhana. Saya ingin mengetahui manfaat-manfaat dari judul yang akan saya bahas. Sebelum saya membahas saya akan mengambil judul yang akan saya bahas yaitu “Pepaya Sebagai Obat Tradisional”. Alasan saya mengambil judul ini karena saya ingin mengetahui manfaat-manfaat dari pohon pepaya serta khasiatnya.



1.2 Permasalahan
Dalam pembahasan ini ada permasalahan yang akan saya bahas yaitu:
- Pengertian pohon pepaya
- Manfaat dari daun pepaya
- Manfaat dari akar pepaya
- Manfaat biji pepaya
- Manfaat buah pepaya yang matang
- Manfaat getah pepaya

1.3 Tujuan
Tujuan saya menulis karya tulis sederhana karena saya ingin mengetahui manfaat-manfaat serta khasiat dari pohon pepaya.

1.4 Manfaat
Manfaat saya mengambil judul pepaya sebagai obat tradisional untuk mengetahui bahwa pohon pepaya sangat berguna dan mengandung banyak manfaat.

BAB II
PEMBAHASAN



Pepaya merupakan tanaman buah-buahan yang mempunyai manfaat diantaranya buahnya yang matang dapat dimakan karena mengandung vitamin. Selain buahnya yang dapat dimanfaatkan biji, akar dan daunnya dapat juga dimanfaatkan untuk obat. Misalnya:
a. Manfaat Daun Pepaya
Kegunaan daun pepaya untuk mengobati sakit:
- Malaria
- Kaki gajah
- Kurang nafsu makan
- Kanker
- Masuk angin
- Pelacar ASI
- Pemeliharaan badan setelah melahirkan
- Kejengkolan

b. Manfaat Akar Pohon Pepaya
Kegunaan akar pohon pepaya ini dapat juga mengobati penyakit:
- Batu ginjal
- Radang ginjal
- Kandung kemih
- Digigit ulat berbisa
- Cacing keremi dan
- Encok


c. Manfaat Biji Pepaya
Adapun kegunaan/manfaat biji pepaya untuk mengobati sakit:
- Cacing gelang
- Ubanan sebelum waktunya
- Demam

d. Manfaat Buah Pepaya yang Matang
Kegunaan buah pepaya yang sudah matang untuk mengobati sakit:
- Sembelit
- Maag
- Tidak nafsu makan

e. Manfaat Getah Pepaya
Getah pepaya dapat dipakai sebagai obat:
- Luka bakar
- Jerawat


BAB III
PENUTUP


Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa pohon pepaya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Apalagi pepaya yang sudah masak sangat mengandung banyak vitamin. Maka dari itu janganlah terpacu pada obat-obat yang tidak alami, sadarilah bahwa pohon pepaya mempunyai banyak manfaat.

DAFTAR PUSTAKA


Kloppen Burg, J. 1983. Petunjuk Lengkap Mengenai Tanaman-Tanaman Indonesia dan Khasiatnya Sebagai Obat-Obatan Tradisional. Yogyakarta: Yayasan Dana Sejahtera dan CD R.S. Bethesda.
Rismun Andar. 1988. Rempah-Rempah Komoditi Ekspor Indonesia. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Wijaya Kusuma, Hembing, Setiawan Dalimartha, A.S Wirian. 1994. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kartini.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pepaya Sebagai Obat Tradisional

0 komentar: