Artikel Makalah, Kumpulan Makalah

Pengamatan Mikroskopis Mikroorganisme

Preparat yang yang bersifat basah yang disiapkan memungkinkan anda mengamati bentuk dan ukuran mikroorganisme secara individu, dan motilitasnya dalam keadaan alamiah. Selama pengamatan ini, anda harus membedakan pergerakan sejati dengan pergerakan yang disebabkan oleh arus cairan. keadaan ini disebabkan preparat basah yang anda buat mengandung gelembung udara atau tidak tersegel dengan baik, sehingga timbul arus udara yang menyebabkan mikroorganisme yang anda amati bergerak mengalir mengikuti arus cairan tersebut.


Pergerakan sejati mikroorgnisme disebabkan adanya flagella (bakteri, bebrapa ganggang dan protozoa), adanya silia atau pseudopodia (pergerakan amuboid) pada beberapa protozoa. Flagella mungkin sukar untuk diamati dengan mikroskop cahaya. Pewarnaan khusus atau pengamatan dengan menggunakan mikroskop elektron, flagella ini akan mudah diamati.

Percobaan 7. Pengamatan Mikroorganisme
Tujuan Percobaan : Mengamati mikroorganisme (protista) air tawar
Alat : Mikroskop, objek glass, cover glass, pipet tetes
Bahan : Air kolam dan air rendaman jerami.
Prosedur Kerja :
 Ambil setetes air rendaman jerami/air kolam, letakkan di atas objek glass
 Usapkan sedikit vaselin di ujung jari tangan kiri anda sehingga membentuk lapisan tipis. Sentuhkan vaselin tersebut pada keempat sisi gelas penutup
 Arahkan kaca penutup yang sudah diolesi vaselin menghadap ke arah objek glass, secara berlahan letakkan kaca penutup dalam media dan tekan perlahan sehingga tersegel baik.
 Amati di bawah mikroskop, gambar dengan lengkap dan beri keterangan.


Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengamatan Mikroskopis Mikroorganisme

0 komentar: