Artikel Makalah, Kumpulan Makalah

Statistik Penddikan

A. Statistik dan Statistik Pendidikan 1. Pengertian Statistik Secara etimologis kata “Statistik” berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata State (bahasa inggris) atau kata Staat (bahasa belanda) dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata “Statistik” di artikan sebagai “Kumpulan Bahan Keterangan (data)” baik yang berwujud angka (data kualitatif) yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada “Kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif) saja”. Bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.

2. Pengelolaan Statistik Berdasarkan tingkat pekerjaannya (tahapan yang ada dalam kegiatan statistik, statistik sebagai ilmu pengetahuan dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu (1) Statistik Deskritif dan (2) Statistik Inferensial. Statistik Deskriftif yang lazim dikenal pula dengan istilah statistik deskriftif. Statistik sederhana dan descriptive statistik adalah statistik yang tingkat pekerjaannya mencakup cara-cara menghimpun, menyusun atau mengatur, mengelola, menyajikan, dengan kata lain. Statistik deskriptif adalah statistik yang mempunyai tugas mengorganisasi dan menganalisis data angka, agar dapat memberikan gambaran secara teratur, ringkas, dan jelas. Statistik infensial yang lazim dikenal pula dengan istilah statistik induktif, statistik lanjut statistik mendalam atau inferensial statistik adalah statistik yang menyediakan aturan atau cara yang dapat dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik kesimpulan yang bersifat umum dari sekumpulan data yang telah disusun dan diolah. 3. Ciri Khas Statistik Pada dasarnya statistik sebagai ilmu pengetahuan memiliki tiga ciri khusus yaitu: a. Statistik selalu bekerja dengan angka atau bilangan (dalam ini adalah data kuantitatif) b. Statistik bersifat objektif ini mengandung pengertian bahwa statistik selalu bekerja menurut objeknya, atau bekerja menurut apa adanya. c. Statistik bersifat universal, ini mengandung pengertian bahwa ruang lingkup atau ruang gerak dan bidang garapan statistik tidaklah sempit. 4. Permasalahan Statistik Pendidikan Menurut Hananto sigit, kita tidak perlu berfikir jauh-jauh dan mendalam jika kita ingin tahu apa persoalan statistik yang sebenarnya itu, suatu persoalan statistik lainnya adalah apa yang dikenal dengan nama “Dispersi” (dispersion) atau “Yariabilitas” . Sebuah persoalan lain lagi dari statistik adalah persoalan tentang “korelasi” atau “asosiasi” persoalan hubungan. Tiga persoalan statistik: “rata-rata yariabilitas” dan “korelasi” inilah yang sudah merupakan persoalan dasar statistik suatu persoalan yang pasti sudah tidak asing lagi. 5. Pengertian Statistik Pendidikan Pada pembicaraan di muka telah dijelaskan bahwa istilah statistik dapat diberi pengertian sebagai data statistik, kegiatan statistik, metode statistik dan ilmu statistik. 6. Fungsi dan Kegunaan Statistik Dalam Dunia Pendidikan Fungsi yang dimiliki oleh statistik dalam dunia pendidikan terutama bagi para pendidik (pengajar-guru-dosen dan lain-lain) adalah menjadi alat bantu. B. Data Statistik dan Data Statistik Kependidikan 1. Pengertian Data Statistik Dalam pembicaraan terdahulu telah dikemukakan bahwa data statistik adalah data yang berwujud angka atau bilangan. 2. Pengelolaan Data Statistik a. Penggolongan data statistik berdasarkan sifatnya Ditinjau dari segi sifatnya angkanya, data statistik dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu: - Data kontinyu ialah data statistik yang angka-angkanya merupakan deretan angka yang sambung menyambung - Data diskrit ialah data statistik yang tidak mungkin berbentuk pecahan b. Pengelolaan data statistik berdasarkan cara menyusun angkanya Ditinjau dari segi cara menyusun angkanya data statistik dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu: - Data Nominal ialah data statistik yang cara menyusun angkanya didasarkan atas penggolongan atau klasifikasi tertentu. - Data Ordinal juga sering disebut data urutan yaitu data statistik yang cara menyusun angkanya didasarkan atas urutan kedudukan (rangking) - Data Interebal ialah data statistik dimana terdapat jarak yang sama diantara hal-hal yang sedang diselidiki atau diperoleh. c. Penggolongan data statistik berdasarkan bentuk angkanya Ditinjau dari segi bentuk angkanya data statistik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: - Data Tunggal ialah data statistik yang masing-masing angkanya merupakan satu unit (satu kesatuan) - Data Kelompok ialah data statistik yang tiap-tiap unitnya terdiri dari sekelompokangka. d. Pengelolaan data statistik berdasarkan sumbernya Ditinjau dari segi sumbernya data statistik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: - Data Primer adalah data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan pertama - Data Sekunder ialah data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan kedua e. Penggolongan data statistik berdasarkan waktu Ditinjau dari segi waktunya data statistik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: - ¬¬Data Seketika ialah data statistik yang mencerminkan keadaan pada satu waktu saja - Data Urutan Waktu adalah data statistik yang mencerminkan keadaan atau perkembangan mengenai sesuatu hal, dari satu waktu kewaktu yang lain secara berurutan. 3. Sifat Data Statistik a. Nilainya relatif b. Nilai nyata c. Batas bawah relatif, batas atas relatif, batas bawah nyata dan batas nyata d. Yang berbentuk data kelompok e. Sebagai data angket dalam proses perhitungan tidak menggunakan sistem pecahan f. Data angka dalam proses perhitungannya menggunakan sistem pembulatan angka tertentu. 4. Beberapa macam contoh data statistik dalam dunia pendidikan a. Data statistik yang berkaitan dengan prestasi belajar anak didik b. Data statistik yang berkaitan dengan keadaan anak didik C. Pengumpulan Data Statistik Kependidikan 1. Prinsip Pengumpulan Data Statistik Kependidikan a. Lengkapnya data b. Tepatnya data c. Kebenaran data yang dihimpun 2. Cara Mengumpulkan Data Statistik Kependidikan a. Sensus ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat meneliti seluruh elemen yang menjadi objek penelitian b. Sampling ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti sebagian kecil saja dari seluruh elemen yang menjadi elemen yang menjadi objek penelitian c. Angket yaitu cara pengumpulan data berbentuk pengajuan pertanyaan tertulis melalui sebuah daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. d. Pemeriksaan dokumentasi (studi dokumenter) e. Tes, seperti tes hasil belajar tes kepribadian 3. Alat Pengumpulan Data Statistik Kependidikan Diantara alat yang biasa digunakan dalam pekerjaan pengumpulan data statistik kependidikan dapat dikemukakan disini misalnya: a. Daftar atau daftar cek b. Skala bertingkat c. Pedoman wawancara d. Questionnaire BAB II 1. Tabel Distribusi Frekuensi a. Tabel Distribusi Frekuensi Data Tunggal Distribusi frekuensi nilai hasil THB dalam bidang studi pendidikan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Statistik Penddikan

0 komentar: