PROSES PEMBENTUKAN TANAH


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Adapun yang melatar belakangi sehingga saya menuliskan makalah ini karena sebagaimana kita ketahui, bahwa proses pembentukan tanah masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahkan memahami, terlebih kepada siswa-siswi yang ada di Negara kita ini dan akibat dari kehilafan tersebut sehingga kita tidak mampu menjaga tanah di bumi kita ini.


1.2 Permasalahan
Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah apa faktor sehingga terbentunya tanah, batasan tanah, profil tanah, warna tanah, struktur tanah, klasifikasi tanah dalam muka bumi kita ini.

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini sehingga kami mengeluarkan makalah ini untuk memampukan kita dalam memahami struktur tanah yang kita pijak ini dan kita mampu untuk menganalisis berbagai masalah dalam tanah kita serta untuk menjaganya.


1.5 Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian ini adalah untuk menyadarkan kita supaya mampu memahami struktur tanah dan mencegah supaya tidak terkena musibah yang mengakibatkan tanah rusak.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Faktor Pembentukan Tanah
Faktor pembentukan tanah merupakan faktor yang menentukan dalam pembentukan jenis-jenis tanah. Faktor-faktor pembentukan tanah pada mulanya dikemukakan oleh Dokuchaev (1883) dengan persamaan :
T = f (i, o, b) w
Dimana:
T = Tanah b = Bahan Induk
i = Iklim w = Umur Tanah
o = Organisme

Mengenai jenis faktor tanah yang mempengaruhi pada proses pembentukan tanah, tampaknya berbeda di setiap tempat. Tanah spodosol merupakan tanah tua yang berkembang dari bahan induk pasir, dengan tingkat kesuburan rendah sehingga perlu diketahui kendala-kendala dalam usaha pengelolaan.

2.2 Batasan Tanah
Marbut (1940) beranggapan bahwa tanah merupakan suatu sistem lapisan kerak bumi yang tidak padu dengan ketebalan berbeda dengan bahan-bahan dibawahnya yang tidak bau dalam hal warna bangunan fisik struktur dan yang lainnya.
Tanah merupakan suatu system yang ada dalam suatu keseimbangan dinamis dengan lingkungannya. Tanah tersusun atas lima komponen sebagai berikut:
1. Partikel mineral, berupa fraksi anorganik, hasil perombakan bahan-bahan batuan dan anorganik yang terdapat dipermukaan bumi.
2. Bahan organik yang berasal dari sisa-sisa tanaman dan binatang serta berbagai hasil kotoran binatang (5%).
3. Air (20-30%)
4. Udara tanah (20-30%)
5. Kehidupan jasa tehnik
6. Profil tanah

2.3 Profil Tanah
Profil tanah merupakan sebuah irisan melintang pada tubuh tanah dibuat dengan menggali tanah. Horijon merupakan lapisan tanah yang terbentuk karena adanya variasi komposisi, tekstur dan struktur tanah. Profil tanah pada dasarnya dapat dibagi menjadi 4 macam horizon, mulai dari yang teratas sampai kebagian yang terdalam mulai dari zona o, a, b dan c.

2.4 Warna Tanah
Warna tanah merupakan salah satu hal penting dalam mempelajari tanah. Melalui warna tanah kita dapat mengetahui kandungan bahan-bahan organik.
Warna tanah ditentukan dengan menggunakan warna-warna baku yang terdapat dalam buku Musel Soil Chart. Warna baku ini adalah warna di susunan oleh tiga variabel yaitu: Hue, Vaiue dan Corona. Hue adalah warna spektrum yang dominan sesuai dengan panjang gelombang. Value menunjukkan gelap terangnya warna, sesuai dengan jumlah sinar yang dipantulkan. Choroma menunjukkan kemurnian dan kekuatan dari warna spektrum.

2.5 Struktur Tanah
Struktur tanah merupakan gumpalan kecil dari butir-butir tanah, gumpalan struktur ini terjadi karena butir-butir pasir, debu, dan tanah liat terikat satu sama lain oleh perekat seperti bahan organik, oksida besi dll. Contohnya adalah daerah curah hujan, umumnya ditemukan struktur remah atau granuler di permukaan dan di horizon bawah.

2.6 Klasifikasi Tanah
Klasifikasi tanah dapat dibedakan menjadi klasifikasi alami dan klasifikasi teknis. Klasifikasi alami adalah klasifikasi tanah yang didasarkan atas sifat-sifat tanah yang dimilikinya tanpa menghubungkan dengan tujuan penggunaan tanah tersebut. Sedangkan klasifikasi teknis adalah klasifikasi tanah yang didasarkan atas sifat tanah yang mempengaruhi kemampuan tanah, untuk penggunaan tertentu sistem klasifikasi tanah (alami) yang ada di dunia ada berbagai macam.


0 komentar:

Post a Comment